27 Februari 2014

Kemenyan, Haminjon atau Sytrax Benzoin Sumatera

Jual Kemenyan
Jual Kemenyan, Haminjon atau Sytrax Benzoin Sumatera, kemenyan yang konon harganya bak emas ini setiap tahunnya mengalami penurunan harga jika di bandingkan dengan hasil pertanian yang lainnya dan jika di bandingkan dengan harga kebutuhan pokok lainnya maka kemenyan sangat jauh tertinggal. Harga kemenyan naik tapi jika di bandingkan dengan harga kebutuhan pokok jelas sekali tidak sesuai. Hal itulah salah satu penyebab Para petani kemenyan di Sumatera Utara (Tapanuli) mulai meninggalkan tanaman ini menjadi tanaman plawija. Tanaman plawija lebih menjanjikan.
Jual Kemenyan, Kemenyan adalah tumbuhan menahun, pohon kemenyan bisa diolah setelah berumur 7-10 tahun, bandingkan dengan tanaman lainnya? sangat lama bukan? untuk bisa mendapatkan hasilnya 7-10 tahun Waooo, lamaaaa. Makanya, para petani kemenyan hampir tidak ada yang menanam pohon kemenyan di tanah kosong mereka, karena itu tadi, untuk mendapatkan hasilnya terlalu lama. Lebih baik menanam tanaman plawija dalam hitungan bulan sudah mendapatkan hasil.

Kemenyan lumayan banyak di Tapanuli Utara, seperti Tarutung, Sipoholon, Dolok Sanggul, Sidikalang. Para Petani kemenyan tersebar di daerah tersebut.

Kemenyan terbagi kedalam 3 kwalitas.
  • Kwalitas nomor 1 (mata kasar, warna putih kekuningan)
  • Kwaltas nomor 2 (biasanya disebut Tahir,lebih kecil dan kuning)
  • Kwalitas nomor 3 (biasanya di sbut tahir juga tapi lebih jelek, lebih hitam dari kwalitas nomor 2, karena di panen belum waktunya)
Harganya pun berbeda, tentu saja harga kwalitas nomor satu yang paling mahal.

Seharusnya, pemerintah SUMUT, lebih memperhatikan para petani kemenyan, karena kemenyan termasuk tanaman keras dan tidak tumbuh di semua daerah. Sehingga tanaman ini harusnya di kelola dengan baik,

Kemenyan, Haminjon atau Sytrax Benzoin Sumatera Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol