7 November 2013

Apel Dolok Sanggul, Pernah Dengar?

Apel Dolok Sanggul
Apel Dolok Sanggul, pernah dengar?, Dolok Sanggul adalah pusat pemerintahan kabupaten Humbang Hasundutan, Daerah pegunungan yang lumayan dingin dan matahari yang sangat terik, sayangnya tanahnya tidak begitu subur, sehingga sangat banyak tanaman yang tidak berbuah di daerah ini kalau ditanam. Seperti Mangga, Rambutan, Salak, Pete, Duku, dan berbagai tanaman buah yang menjadi buah favorit di Indonesia.


Walaupun begitu, bukan berarti daerah ini tidak memiliki Potensi, salah satunya potensi Apel, Hal ini sudah di buktikan sendiri oleh Bapak Silaban (seorang pensiunan Militer Angkatan Darat, Beliau pulang kampung untuk menunjukkan kecintaannya kepada kampung halaman *bona pasogit*, sekaligus memberikan contoh bagaimana cara menanam apel), Beliau Menggabungkan (cangkok) Pohon apel dengan pohon lain, (sayangnya penulis belum tahu nama pohon tersebut) dan hasilnya luar biasa, buahnya besar-besar dan manis tetapi sungguh sayang, potensi ini tidak berlanjut atau tidak/belum di mamfaatkan oleh masyarakat Dolok sanggul.

Seperti yang sudah kita ketahui, pohon apel tumbuh baik didaerah dingin seperti di malang, suhu di malang kurang lebih sama dengan Dolok sanggul walaupun tanahnya sudah pasti lebih subur di Malang. Walaupun begitu, Pohon Apel yang ditanam di Dolok Sanggul tepatnya di Kampung Silaban tidak kalah dengan Apel Amerika yang mahal itu (import). Hal ini sudah di buktikan oleh Bapak Silaban.

Sayanggnya, Potensi bertanam atau berkebun buah apel di daerah ini belum diterima masyarkat sekitar sebagai alternatif mata pencarian. Masyarakat masih cenderung menerapkan falsafah hidup "Eme na masak di gagat ursa, i na masa i ni ula" artinya apa yang biasa di kerjakan orang itu sajalah di kerjakan, tanpa mau membuat perubahan atau memikirkan sesuatu hal untuk membuat terobosan baru.

Penulis berkeyakinan, jika Apel Dolok Sanggul di kelola secara baik, maka Apel yang berasal dari Malang akan kalah, karena potensi tanah dan suhu yang ada di Dolok Sanggul sangat baik untuk tanaman Apel.

Apel Dolok Sanggul, Pernah Dengar? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

0 komentar: