Jual Kemenyan Sumatera

Jual Kemenyan Sumatera
Jual Kemenyan Sumatera

Sunday, April 14, 2013

Air Terjun Sigura-gura Sebagai Tempat Wisata

Air Terjun Sigura-gura adalah salah satu tempat wisata yang ada di Sumatera Utara, air terjun dengan tinggi yang sangat mengagumkan ini adalah sekitar 250 meter, dengan ketinggian seperti itu bisa anda bayangkan suara air yang jatuh ke bumi/kebawah? Suaranya amat sangat kencang, dari kejauhan suara air terdengar menggelegar. Jumlah air yang jatuh juga sangat besar, konon katanya sumber air ke air terjun ini dari Danau Toba. Karena air dan arus yang yang sangat menantang, sungai pada air terjun ini digunakan sebagai tempat arung jeram.


air-terjun-sigura-gura
Suasana di kawasan ini masih sangat asri dan memiliki pemandangan yang sangat bagus, tebing-tebing yang tinggi dan pohon-pohon yang hijau. Air terjun Sigura-gura berjarak sekitar 230KM dari medan, kalau di tempuh dengan kecepatan sedang, hanya membutuhkan waktu 3 Jam, Medan-Sigura-gura. Jadi tidak heran setiap hari libur kawasan ini sangat ramai oleh para wisatawan lokal untuk menikmati suasana alam yang asri dan sejuk. Sekedar melihat-lihat atau berkemah, dan banyak juga yang ber-arung jeram.

Air Terjun Sigura-gura tempat Arung Jeram

Khususnya para pecinta alam kawasan air terjun sigura-gura adalah salah satu tempat yang paling menantang untuk ber arung jeram, airnya yang sangat deras dan berbatu. (kalau boleh saya sebut justru ber-arung jeram sangat berbahaya untuk pemula), konon peserta lomba arung jeram dari Luara Negeri mundur dari arena lomba arung jeram karena takut akan arus liar kawasan sigura-gura. Airnya yang bening dan cenderung hitam di tempat yang dalam serta tebing-tebing yang tinggi membuat suasana seram dan menantang. Tetapi Walaupun begitu, kawasan ini tidaklah pernah sepi dari ajang lomba atau sekedar ber arung jeram ria setiap hari libur.

Air Terjun Sigura-gura Untuk PLTA.

Mamfaat Air Terjung Sigura-gura yang paling besar untuk masyarakat Sumatera Utara adalah pemamfaatan air terjun ini untuk pembangkit tenaga listrik dengan 4 x 71,50 MW (4 unit), PLTA sigura-gura yang berada di Asahan ini salah satu pembangkit listrik tenaga air yang terbesar di Indonesia. Dan Seharusnya, pembangkit tenaga air di kawasan ini masih bisa di tambah.

Selayaknya Orang Indonesia, kawasan ini mengandung mistis yang kental, konon pas pembangunan PLTA Asahan ini, banyak merenggut korban jiwa secara misterius atau tidak wajar. Sehingga daerah ini masih di anggap angker oleh masyarakat sekitar.

Di Kawasan ini terdapat juga perusahaan PT. Inalum, yang mengeksplorasi bahan tambang Timah, tetapi info terakhir yang penulis dapatkan bahwa kandungan timah di daerah ini sudah habis, penambangangan di lakukan sejak jaman Penjajahan Belanda dan berlanjut ke Jaman Penjajahan Jepang, sampai tahun 90'an.

No comments: