18 Februari 2013

Kantong Semar Tanaman Unik

Kantong Semar
Kantong Semar Tanaman Unik, tanaman ini bisa dikatakan sangat unik karena dapat memangsa serangga walaupun cara memangsanya memang tidak seperti yang di filem tetapi, tanaman ini menagdung semacam xzat yang bisa membuat serangga yang masuk ke kantong tanaman ini menjadi lupa atau tidak sadar sehingga mati. Kantong semar banyak terdapat di Sumatera, khususnya di Sumatera Utara, Kabupaten Humbang hasundutan, di Kawasan Dolok Sanggul, Di Dolok Sanggul tanaman ini adalah tanaman liar, tidak dianggap sama sekali. Tanaman ini termasuk tanaman memanjat atau menjalar, batangnnya menjalar ke tanah atau ke pohon, sehingga masyarakat sekitar sering menggunakan batang Kantong semar sebagai tali untuk mengikat sesuatu.

Kantong semar termasuk tanaman hias, sangat banyak penggemar tanaman ini sehingga bisa di hargai dengan sangat mahal. Menurut Para pecinta kantong semar, tanaman ini bisa mendatangkan atau memanggil rejeki pemiliknya.

Tumbuhan Kantong Semar bernilai jual tinggi, hal inilah yang tidak di ketahui masyarkat lokal seperti penduduk pulau Sumatra dan pulau Kalimantan. Zaman sekarang tumbuhan ini sudah banyak yang di budi dayakan ataupun di kawinkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Kantong Semar banyak di minati orang untuk tanaman hias, harganya pun bervariasi dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah, tumbuhan ini mengandung mitos bahwa orang yang memeliharanya akan mendapatkan rejeki yang baik, tetapi sekali lagi hal ini hanyalah sebuah mitos, kalau kita memelihara sesuatu yang kita senangi tentunya kita akan berbahagia dengan hal tersebut, sehingga efeknya membuat senang dan bahagia, tentunya kita menjadi bergiat mengerjakan sesuatu yang kita kerjakan.

 Ciri khusus Tanaman Kantong Semar
  • Memiliki daun yang berbentuk seperti piala
  • Kantong semar dan venus memiliki cairan pada bagian daun untuk menarik perhatian dan menjebak serangga untuk dimangsanya
  • Dinding daun ini akan mengeluarkan nektar untuk memikat serangga
  • Serangga yang terpikat oleh nektar akan hinggap pada dinding daun yang licin sehingga tergelincir dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun
  • Cairan ini akan menguraikan dan melarutkan serangga yang kemudian akan diserap oleh tubuh kantung semar

Kantong Semar Tanaman Unik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

2 komentar:

Siswati Solin mengatakan...

Kantong semar juga sangat banyak dijumpai di kawasan hutan kabupaten dairi dan pakpak bharat.

Rudi Lumban Gaol mengatakan...

Iya bener Ibu, maaf, penulis lupa menyebutkan daerah tersebut, di tapanuli selatan, taput, humbang, kantor semar banyak ya bu....:)