21 Oktober 2012

Kantong Semar

Kantong Semar
Kantong semar atau bahasa latinnya Genus Nepenthes dan dalam bahasa Inggris adalah Tropical pitcher plant, Di Indonesia Tumbuhan Kantong semar ini banyak di Jumpai di Pulau Sumatra dan Kalimantan, tumbuhan ini adalah tumbuhan carnivora, kenapa disebut carnivora? karena tumbuhan ini mempunyai kantong berisi air atau sejenis enzim yang di sukai oleh serangga, sehingga serangga tertarik dan masuk kedalam kantong, akhirnya serangga terjebak dan mati. Zat-zat yang ada pada serangga di serap oleh kantong semar.

Di Pulau Sumatra, Kantong semar banyak di jumpai di daerah pengunungan terutama daerah Sumatra Utara, Tapanuli Utara dan Kabupaten Humbang Hasundutan, orang batak menyebutnya Tahul-tahul. oiya, tumbuhan andaliman dan terung belanda juga banyak di Humbang. Tumbuhan ini tumbuh pada pada lingkungan atau pada kadar air yang cukup lembab, itu di karenakan daun kantong semar yang cukup pipih dan agak lebar, kantong semar termasuk tumbuhan merambat atau memanjat seperti markisa. Penduduk lokal biasanya meminum air yang terdapat didalam kantor semar yang belum terbuka dan batang kantong semar yang sudah panjang di pergunakan sebagai tali.

Kantong semar terdapat hampir di seluruh Negara Asia tenggara, di Negara Indonesia, Republik Rakyat Cina bagian selatan, Indochina, Malaysia, Filipina, Madagaskar bagian barat, Seychelles, Kaledonia Baru, India, Sri Lanka, dan Australia.

Tumbuhan Kantong Semar bernilai jual tinggi, hal inilah yang tidak di ketahui masyarkat lokal seperti penduduk pulau Sumatra dan pulau Kalimantan. Zaman sekarang tumbuhan ini sudah banyak yang di budi dayakan ataupun di kawinkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Kantong Semar banyak di minati orang untuk tanaman hias, harganya pun bervariasi dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah, tumbuhan ini mengandung mitos bahwa orang yang memeliharanya akan mendapatkan rejeki yang baik, tetapi sekali lagi hal ini hanyalah sebuah mitos, kalau kita memelihara sesuatu yang kita senangi tentunya kita akan berbahagia dengan hal tersebut, sehingga efeknya membuat senang dan bahagia, tentunya kita menjadi bergiat mengerjakan sesuatu yang kita kerjakan.

Kantong Semar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

0 komentar: