28 November 2012

Mamfaat Kunyit

Kunyit atau dalam bahasa latin disebut Curcuma longa Linn / Curcuma domestica Val adalah tanaman asli Asia Tenggara kemudian menyebar ke Autralia dan Afrika. Tanaman kunyit banyak terdapat di Indonesia, kunyit merupakan kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia, karena kunyit sangat ber mamfaat. Tanaman kunnyit termasuk tanaman rempah-rempah. Kunyit telah di mamfaatkan oleh Indonesia sejak jaman dahulu.

Di Negara kita Indonesia, hampir pasti, semua masyarakat mengenal kunyit dan pasti pernah mengkonsumsi kunyit baik yang sudah di campur dengan bumbu masakan, jamu dan pengobatan herbal. Mamfaat kunyit sangat banyak, jadi tidak heran masyarkat indonesia banyak menanam di pekarangan rumah atau di belakang rumah, di samping perawatannya yang sangat mudah.


Cara penanaman tanaman kunyit:
Kita Bangsa Indonesia sangat beruntung mempunyai tanah yang subur, kunyit bisa tumbuh di mana-mana, taman kunyit ada di seluruh Indonesia, karena tanaman ini bisa di tanam dengan sangat mudah. Kunyit bisa di tanam di pot atau di pojokan rumah, usahakan tanahnya gembur karena akan berpengaruh kepada Umbinya (kunyitnya) kalau tanahnya padat umbi kunyit akan memanjang tetapi kalau tanahnya gembur umbi kunyit akan membesar dan kunyit yang besar yang paling bagus. Kunyit yang besar disebut tongkol kunyit. Usahakan Tanaman kunyit mendapatkan suply air yang cukup karena kunyit butuh air yang lumayan banyak, itu bisa terlihat dari daunnya yang lebar. Berikan pemupukan setelah tanaman kunyit berumur 1-2 bulan.

Mamfaat kunyit antara lain:

1. Mamfaat Kunyit Untuk Diabetes mellitus
Bahan: 3 rimpang kunyit, 1/2 sendok the garam Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.

2. Mamfaat Kunyit Untuk Tifus
Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto Cara membuat: Semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan di saring. Cara mengunakan: diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut.

3. Mamfaat Kunyit Untuk Usus buntu
Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa/aren. Garam secukupnya. Cara membuat: Kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Cara menggunakan:diminum setiap pagi setelah makan, secara teratur.

4.Mamfaat Kunyit Untuk Disentri
Bahan: 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Cara menggunakan:diminum dan diulangi sampai sembuh.

5.Mamfaat Kunyit Untuk Sakit Keputihan
Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa/aren Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring. Cara menggunakan:diminum 1 gelas sehari.

6.Mamfaat Kunyit Untuk Haid tidak lancar
Bahan: 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok Teh ketumbar, 1/2 sendok Teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading. Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk halus kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring Cara menggunakan:diminum 1 gelas sehari.

7.Mamfaat Kunyit Untuk Perut mulas pada saat haid
Bahan: 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm Cara membuat: semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya, kemudian di tambah dengan perasan jeruk nipis, diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring. Cara menggunakan:ditambah garam dan gula secukupnya dan diminum pada hari pertama haid.

8.Mamfaat Kunyit Untuk Memperlancar ASI
Bahan: 1 rimpang kunyit Cara membuat: kunyit ditumbuk sampai halus Cara menggunakan: dioleskan sebagai kompres diseputar buah dada 1 kali setiap 2 hari.

9. Mamfaat Kunyit Untuk Cangkrang (Waterproken)
Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng, Cara Membuat: semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus Cara menggunakan: dioleskan pada bagian yang kena cangkrang.

10.Mamfaat Kunyit Untuk Amandel
Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok madu Cara membuat: Kunyit diparut, jeruk diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan 1/2 gelas air hangat, diaduk sampai merata dan disaring Cara menggunakan:diminum secara rutin 2 hari sekali.

11.Mamfaat Kunyit Untuk Berak lendir
Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

12.Mamfaat Kunyit Untuk Morbili
Bahan: 1 rimpang kunyit dan 1 rimpang dringo bengle Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus Cara menggunakan:dioleskan pada seluruh badan sebagai bedak.

Jadi, Khasiat Kunyit amat banyak untuk kesehatan manusia, maupun untuk pencegahan penyakit dalam tubuh kita. Tanamn lain yang cocok di tanam di pekarangan rumah adalah lidah buaya.

Di kutip dari berbagai sumber termasuk Wiki Indo

Mamfaat Kunyit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

0 komentar: