21 Oktober 2012

Zodia Tanaman Pengusir Nyamuk

Zodia dalam bahasa latinnya adalah Evodia suaveolens, Tumbuhan Zodia sudah lama digunakan orang Papua untuk mengusir nyamuk, dengan cara mengolesi daun Zodia ke tubuh mereka, Daun Zodia yang masih muda di tumbuk dalu atau di haluskan kemudian di oleskan ke tubuh, dan hasilnya sangat mujarab. Di Papua Jenis nyamuk sangat banyak dan besar-besar, termasuk jenis nyamuk malaria, berkat daun zodia serangan nyamuk bisa di hindari, minimal penyakit malaria di minimalkan.

Zaman sekarang Zodia banyak digunakan sebagai penghias ruangan atau penghias halaman rumah, biasanya di tempatkan di pojok ruangan atau pojok halaman, selain memperindah ruangan atau halaman sekaligus mengusir nyamuk. Zodia banyak terlihat di kantor-kantor, karena perawatannya yang sangat mudah, penghias ruangan dan pengusir nyamuk.


Zodia termasuk suku jeruk-jerukan (Rutaceae) dan aromanya agak mirip dengan aroma jeruk, hal inilah yang tidak di sukai oleh nyamuk. Daunnya pipih seperti daun cabe, tetapi lebih panjang dan warnanya hijau ke kuning-kuningan.

Zodia banyak diminati orang-orang untuk digunakan sebagai tanaman hias dan pengusir nyamuk sehingga sudah di budidayakan orang, zodia tidak tinggi dan hampir mirip seperti bunga, bahkan ada juga yang menyebut bunga zodia, sekarang ini sudah banyak ditemukan di pinggir jalan atau di pedagang bunga, untuk mendapatkan bunga zodia cukup mudah banyak di penjual bunga pinggir jalan.

Zodia tanaman pengusir nyamuk.
Sebenarnya di Indonesia banyak tanaman pengusir nyamuk salahnya adalah geranium, bunga rosemary, geranium salah satu tanaman pengusir nyamuk yang digemari, tetapi geranium tidak sekuat Zodia, Zodia bisa hidup tahan lama dan tidak perlu perawatan khusus.
Tanaman Zodia sangat mujarap untuk mengobati gigitan nyamuk, seperti gigitan nyamuk yang bentol-bentol atau memerah pada kulit, daun tanaman Zodia di haluskan atau di tumbuk kemudian dioleskan pada kulit yang bentol-bentol atau kulit yang memerah karena gigitan nyamuk.

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae (suku jeruk-jerukan)
Genus: Evodia
Spesies: Evodia suaveolens Scheff

Zodia Tanaman Pengusir Nyamuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

0 komentar: