Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunga Nasturtium

Bunga Nasturtium, dalam bahas latin bunga nasturtium di sebut nasus tortus, termasuk cabbage family, bisanya di gunakan orang untuk tanaman hias dan bisa juga di gunakan sebagai campuran salad, Sangat cantik dan enak di lihat, selain bisa penghias taman atau pekarangan rumah anda, bunga Nasturtium juga bisa di tanam di mana saya, tetapi bunga Nasturtium membutuhkan air yang cukup, cara menanam bunga Nasturtium tidak susah dan tidak membutuhkan tempat yang luas.

Selain buah, biji dan daun, bunga merupakan bahan segar yang sering dijadikan campuran dalam berbagai hidangan. Dari puluhan jenis bunga yang bisa dimakan, nasturtium merupakan jenis yang paling disukai. Bukan hanya karena warnanya tetapi juga rasanya.

Nama nasturtium berasal dari bahasa Latin, 'nasus tortus' yang artinya penggelitik hidung. Karena tanaman bunga yang masuk keluarga kubis ini memang punya rasa renyah, sedikit pahit dan pedas sehingga bakal merangsang hidung. Mirip dengan rasa selada air yang renyah sedikit pahit.

Banyak chef di dunia menyukai bentuk bunga mungil dengan 5 kelopak bunga ini. Karena itu sering dipakai untuk campuran salad, atau diaduk dengan mentega. Sebagai hiasan kue selain ditaruh begitu saja, bunga ini sering dicelupkan dalam putih telur lalu dibalut gula pasir dan dikeringkan sehingga tampilannya seperti bunga kristal.

Bunga cantik dari Amerika Selatan ini juga bisa dicampurkan dalam mayones. Sedangkan daunnya juga dipakai sebagai pembungkus adonan daging atau ayam yang sudah dibumbui. Daunnya bisa dipakai sebagai pengganti daun anggur untuk pembungkus.

Agar rasanya tidak terlalu pahit, benang sari kecil yang ada di dalam bunga biasanaya dibuang. Setelah dicuci dan dilap hingga kering, kelopak bunga segar ini siap dimakan langsung atau diolah lagi. Daya tarik utamnya terletak pada bentuk bunga yang bagus dan warnanya yang memikat.

Untuk petani sayuran, nasturtium sering ditanam di sela-sela tanaman sayuran. Karena tanaman ini sangat memikat serangga seperti lalat, belalang dan serangga kecil lainnya. Jadi, berfungsi sebagai pestisida alami yang aman.

Diolah dari DetikFood

Posting Komentar untuk "Bunga Nasturtium"