31 Mei 2016

Makna Kain Ulos Bagi Orang Batak

Jual Kain Ulos Batak
Makna Kain Ulos Bagi Orang Batak, Ulos batak tidak bisa lepas dari pelaksaan adat bagi orang Batak. Hal ini sudah berlangsung ratusan tahun. Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya masyarakat Batak yang merantau dan bercampur dengan suku (menikah dengan suku lain), sedikit tradisi pemberian ulos dan di campur dengan kalimat pantun (semacam doa) mulai terkikis.

Saya sendiri pernah mengalami, berhubungan dengan seorang wanita, (berpacaran). Si wanita adalah keturunan campuran, dengan tegasnya mengatakan, saya tidak suka dengan adat batak. Kalau memang serius, pestanya tidak usah pake adat, cukup dengan resepsi saja. Pada waktu itu, aku hanya terdiam. Dalam hatiku berucap, "berarti bukan kamu yang aku cari". Pada kenyataannya memang si dia menikah denga orang lain.

Kenapa Kain Ulos Penting Bagi Orang Batak?

Ulos batak adalah simbol dari penyampaian sebuah doa, agar segera dapat anak, segera mendapatkan yang dicari(jabatan, pekerjaan, mendapatkan berkah) yang tentu saja hal ini di iringan dengan doa. Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bukan memberhalakan ulos tersebut, apalagi memberhalakan nenek moyang. Penyampaiannya pun diikuti dengan musik dan tarian. Sehingga pemberian ulos ini sebagai simbol dari doa saja.

Dimanapun orang batak, kalau melaksanakan pesta atau acara keluarga, biasanya tidak bisa lepas dari Kain Ulos Batak, maka tidak heran, banyak yang jual ulos batak. Salah satu yang bisa referensi untuk pembalian ulos batak adalah Jual kain ulos batak yang melayani seluruh Indonesia, dimanapun orang batak berada. Bisa dikirim.

Karena Ulos batak adalah bagian dari sebuah upacara adat, maka biasanya setiap acara adat batak, biasanya harus membawa ulos ini, walaupun tamu yang hadir tidak memiliki peran yang banyak pada acara pesta adat tersebut. Semoga tradisi ini tidak lekang oleh waktu. Bukankah adat itu merupakan kekayaan sebuah bangsa. Dan orang batak dimanapun berada, semoga melestarikan adat batak. Dan Ulos batak tetap dijaga yang merupakan bagian tradisi.

Makna Kain Ulos Bagi Orang Batak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kain ulos salah satu peninggalan seni budaya untuk tekstil tradisional yang patut dijaga dan tetap mesti di lestarikan, mulai dari motif dan jenis benang. Ulos kebanggaan Indonesia