17 Januari 2015

Wisata Air Soda di Tarutung

Wisata Air Soda di Tarutung, pernah dengar air soda ga? Kenapa di sebut air soda? Wisata Air Soda berlokasi di Tarutung, tepatnya antara Kota Tarurung ke Banuarea atau desa Parbubu, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, kira-kira 300km dari Medan, tepat di pinggir Jalan Raya. Para Pengelola membuat kolam tempat orang berendam dan berenang.

Kebetulan Penulis pada bulan Desember akhir 2014 berkunjung ke Tarutung dan menyempatkan diri singgah di Wisata Air Soda, kami tiba dilokasi sekitar jam 4 sore, ukuran kolam yang kira-kira 30-30 meter terasa sangat kecil jika dibandingkan orang-orang yang berenang atau sekedar berendam. Niat hati untuk berendam dan merasakan sensasi Air Soda alami ini tapi tidak jadi karena melihat orang yang terlalu ramai sehingga tidak jadi, Mood penulis langsung hilang.

Tentu saja, saya harus mengamati dan merasakan airnya, saya merasakan air biasa saja hanya, kalau di bandingkan dengan air yang keluar dari mata air langsung tentu saja air soda jauh lebih hangat. Kemudian saya memberanikan diri untuk mencicipi air tersebut (walau sedikit khawatir), saya merasakan air yang biasa saja, karena disitu memang tidak ada larangan untuk tidak menggunakan sampo, sabun sehingga rasanya campur aduk tapi yang rasa soda tidak ada. Saya lumayan sering minum soda, sehingga cukup kenal dengan rasa soda, (rasa soda seperti menggigit pada lidah dan mulut, anda sensasi yang pecah dalam mulut) sementara air yang katanya air soda tersebut tidak ada ubahnya dengan air mineral biasa.

Selidik punya selidik, gelembung atau butiran gelembung yang selalu muncul ke permukaan adalah angin yang berasal dari bumi. Hal ini dapat di maklumi karena Desa Parbubu dan kawasan Tarutung berada pada kawasan pegunungan, Dolok Martimbang sebenarnya masih aktif sampai sekarang. Dan hal lain yang menunjukkan bahwa daerah ini kawasan pegunungan adalah di banyak sumber mata air panas, seperti di Sipoholon, di Desa Huta Barat (naik keatas) dan lain-lain.

Apakah Ada Khasiat Air Soda di Tarutung

Sampai sekarang tidak ada yang bisa memastikan apa khasiat air soda yang berlokasi di Desa Parbubu, tapi orang meliahat itu hanyalah sebuah keunikan dari alam, sebenarnya tidak ada yang aneh dalam hal tersebut.

Biaya Wisata Air Soda di Tarutung

Sampai sekarang tidak ada biaya masuk untuk mandi di kolam soda tersebut, hal itu saya buktikan ketika berkunjung disana, walaupun sarana kamar mandi dan kamar tempat ganti baju serta toilet tersedia tapi tidak ada bayaran sama sekali. Pengelola hanya menunggu para wisatawan lokal untuk sekedar jajan, seperti makan Mie, Minum Teh atau Gorengan. Dan Tentu saja biaya parkir dan hal itupun retribusi parkir tidak di setor ke Pemerintah, biaya parkir hanya sekedar balas jasa kepada penjaga parkir karena telah menjaga kendaraan para pengunjung. Wisata Air Soda di Tarutung.

Wisata Air Soda di Tarutung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

0 komentar: