11 Januari 2015

Perkembangan Kabupaten Humbang Hasundutan

Perkembangan Kabupaten Humbang Hasundutan
Perkembangan Kabupaten Humbang Hasundutan, Sebagai Putra Asli daerah tersebut, tentu saja saya lebih peduli dengan daerah tersebut. Kebetulan pada menjelang Natal dan tahun baru 2015 saya mudik. Perkembangan Kabupaten Humbang Hasundutan sangat banyak dan terutama dari jumlah bangunan, banyak bertumbuh. Pada setiap pojok yang sebelumnya hanya tanah kosong, sekarang perlahan dan pasti tumbuh bangunan / rumah dengan berbagai model.

Yang jadi pertanyaan adalah: Kabupaten Humbang Hasundutan masih di support pemerintah pusat untuk pengembangan segala sesuatunya, seperti infrastruktur, gedung sekolah, dan fasilitas umum lainnya. Bagaimana seandanya pemerintah menghentikan segala bantuan yang di terima pemerintah daerah Humbang Hasundutan?

Pontensi Alam dan Perkembangan Kabupaten Humbang Hasundutan

Di lihat dari segi kekayaan alamnya, rasanya kabupaten humbang hampir tidak bisa untuk bedikari. Humbang Hasundutan terletak pada dataran tinggi, sehingga tanaman yang cocok kebanyakan adalah plawija. Sementara jarak tempuh dari kota besar (kota penampung) ke Humbang Hasundutan lumayan jauh, jika menggunakan truck, waktu yang di perlukan ke Medan adalah 8-12 Jam. Artinya, untuk mengirimkan hasil pertanian dari Humbang Ke Medan tidak efektif.

Sementara, sampai sejauh ini belum di dapatkan bahan atau sumber daya alam yang dapat di kelola untuk meningkatkan pendapatan Pemerintah daerah Humbang, Hal ini tentu saja berhubungan erat dengan Perkembangan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Tanaman andalan dari Humbang Hasundutan adalah:
  • Kopi
  • Cabe
  • Tomat
  • Padi (padi bisa di panen 1 tahun sekali) artinya, susah untuk swasembada pangan)
  • Kemenyan
  • Sayur mayur (tapi jika di bandingkan dengan sayuran daeran Karo/Deli Serdang, masih kalah jauh.)
  • Jahe
  • Kentang
Tanah di kawasan Humbang Kurang Subur sehingga, daerah ini masih sangat tergantung kepada daerah lain, untuk menyuplai seperti untuk buah-buahan, kelapa dan lain-lain.

Apa dan terobosan apa yang akan di lakukan Pemerintah Daerah Humbang Hasundutan seandainya pemerintah pusat menghentikan bantuannya?

Perkembangan Kabupaten Humbang Hasundutan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

0 komentar: