30 April 2013

Kabupaten Nias di Sumatera Utara

Kabupaten Nias di Sumatera Utara
Pulau Nias atau Kabupaten Nias salah satu kabutapaten yang sangat berpotensi di bisang parawisata terutama dalam seni budaya dan adat istiadat dan tak kalah pula pantainya yang Indah, suatu hari kelak Pulau ini akan menjadi sebuah metro polis yang di keliling oleh gedung-gedung pencakar langit dan ribuan turis yang sedang berwisata menikmati pantai dan matahari khas Asia Tenggara. Iya, Potensi yang di miliki oleh Kabupaten Nias ini luar biasa besar, tetapi hal ini belum di garap denga baik, oleh pemerintah pusat dan dearah.

Tempat-tempat Wisata di Pulau Nias

Pulau Nias mempunyai beberapa wisata andalan yang sangat layak dikunjungi diantaranya adalah Pantai Muara Indah, Pantai Carlita, pantai Laowomaru, Gua Laowomaru, pantai Bunda, Miga, Air Terjun Onowaembo, dan Arah Namohalu. Disamping itu ada juga Gomo dimana terdapat peninggalan barang barang dari jaman megalitikum, pantai Lagundri Sorake, Pantai Moale, Gunung Lolomatua, Hombo Batu dan Rumah adat di Bawomataluo, Pulau-Pulau Batu, dan Pulau Telo.

Dibagian Nias Utara anda bisa mengunjungi Pantai Walo, Air Terjun Luaha Ndroi, Pantai Turogaloko, Lahewa, Pantai Turodawola Kecamatan Afulu, Pantai Toretolo, dan Pulau Makora. Dibagian Nias Barat anda bisa mengunjungi Pulau Asu-Hinako dan Pantai Sirombu.

Kabupaten Nias merupakan salah satu kabupaten dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara dan berada di sebelah barat pulau Sumatera yang berjarak ± 86 mil laut dari Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kabupaten Nias mempunyai luas wilayah 3.799,80 km2 yang terdiri dari 32 wilayah kecamatan dan 1 kecamatan persiapan, 439 desa dan 4 kelurahan. Ibukota kabupaten Nias terletak di pulau Nias yaitu Gunungsitoli. Kabupaten Nias berbatasan dengan:
  • Sebelah Utara dengan Pulau-pulau Banyak Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
  • Sebelah Selatan dengan Kabupaten Nias Selatan.
  • Sebelah Timur dengan Pulau-pulau Mursala kabupaten Tapanuli Tengah dan Natal kabupaten Mandailing Natal.
  • Sebelah Barat dengan Samudera Hindia
Kondisi alamnya/topografi berbukit-bukit sempit dan terjal serta pegunungan di mana tinggi dari permukaan laut bervariasi antara 0 – 800 m, terdiri dari dataran rendah sampai tanah bergelombang mencapai 24%, dari tanah bergelombang sampai berbukit-bukit 28,8% dan dari berbukit sampai pegunungan 51,2% dari keseluruhan luas daratan. Mempunyai kemiringan lereng rata-rata 8% sampai 25%. Sedangkan daerah dataran dapat dijumpai sepanjang pantai barat dan pantai timur dengan kemiringan 0-8%.

Kabupaten Nias terletak di daerah khatulistiwa sehingga curah hujan cukup tinggi. Curah hujan dalam setahun 3.287 MM atau rata-rata 274 MM per bulan, dengan banyaknya hari hujan dalam setahun 271 hari atau rata-rata 22 hari per bulan pada tahun 2003. Akibat tingginya curah hujan menyebabkan kondisi alamnya sangat lembab dan basah. Musim kemarau dan hujan silih berganti sepanjang tahun.

Kabupaten Nias memiliki sungai-sungai besar dan kecil yang berfungsi sebagai sumber air bagi pertanian dan sarana air bersih bagi masyarakat. Disamping itu, struktur batuan dan susunan tanah yang labil mengakibatkan sering terjadi banjir bandang yang mengakibatkan patahan jalan-jalan aspal dan longsor disana sini, bahkan sering ditemui daerah aliran sungai yang berpindah-pindah.

Kabupaten Nias di Sumatera Utara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

0 komentar: