15 April 2013

Lokasi Wisata Di Sumatera Utara

Lokasi atau tempat Wisata Di Sumatera Utara, Di provinsi Sumatera Utara sangat banyak yang bisa di kunjungi, baik wisata alam, wisata gedung-gedung tua peninggalan jaman penjajahan Belanda baik tempat hiburan. Salah satu peninggalan Belanda yang sampai saat ini masih digunakan adalah kantor pos pusat Medan, Bangunan kantor pos ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1911, yang berarti sudah lebih dari 100 tahun. Bergaya arsitektur Eropa Belanda, masih berdiri kokoh dan terawat dan masih digunakan hingga sekarang. Kantor Pos ini terletak di Pusat kota Medan.


Istana Maimun/Maimoon Medan
Istana Kesultanan Deli ini juga masih berdiri kokoh dan terawat, Kerajaan Melayu atau Kerajaan Deli tepatnya ada di Medan, dengan istananya yang megah Istana Maimun (Maimoon). Tepatnya berada di Jalan Brigjen Katamso, tidak jauh dari situ terdapat Mesjid Raya Medan, Sumatera Utara, sebenarnya Mesjid Raya Medan dan Istana Maimun satu komplek dan tentu saja milik Sultan Deli. Mesjid dan Istanan Sultan Deli ini memiliki sejarah yang sangat panjang dalam perjuangan untuk mengusir penjajah. Baik cerita buruk dan baik, Mesjid dan Istana ini menjadi saksi bisu.

Mesjid Raya Medan
Mesjid Raya Medanpeninggalan Sultan Deli, yaitu Masjid Raya Al Mashun yang berjarak tak jau dari Istana Maimun (200m). Menurut sebuah sumber, masjid mulai dibangun tanggal 1 Rajab 1324H atau 21 Agustus 1906 dan selesai 10 Sept 1909 oleh Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. beberapa bahan dekorasi dibuat dari Italia dan jerman serta konon dulunya menjadi satu bagian dengan komplek istana. Masjid yang dirancang oleh Dingemans dari Amsterdam (dengan bentuk yang simetris jika dilihat dari keempat sisinya) memiliki gaya yang diambil dari budaya Timur tengah, India, dan Spanyol. Masjid dibangun dengan bentuk segi 8 (oktagonal) dan memiliki 4 sayap disetiap bagian selatan timur utara dan barat yang berbentuk seperti bangunan utama namun berukuran lebih kecil. luas keseluruhan bangunan adalah 5.000 meter.

Konsep bangunan utama beserta bangunan sayap katanya merupakan konsep bangunan masjid kuno di timur tengah. dsana masjid dibangun dengan ruang tengah sebagai ruang utama (disebut sahn) dan empat sayap berupa gang beratap untuk berteduh (disebut mugatha/suntuh). Hiasan di masjid ternyata bukan berupa kaligrafi melainkan ukiran bunga dan tumbuhan. dan berbeda dengan masjid lainnya, kubah masjid ini tidak berbentuk bulat namun persegi 8 dan agak gepeng. kubah berjumlah 5 buah, yang paling besar berada diatas bangunan utama dan 4 lainnya diatas masing-masing sayap. disetiap ujung kubah terdapat ornamen bulan sabit sebagai penghias.

Untuk Wisata Alam
Danau Toba, Danau yang terbentuk dari letusan gunung toba purba ini, merupakan Icon Sumatera Utara aatau bahkan salah satu Ikon Indonesia. Di kawasan ini sangat banyak yang harus di kunjungi, seperti Pulau Samosir, Tuktuk, Parapat, Sipiso-sipiso-piso (air terjun).

Bukit Lawang
Bukit Lawang dan Taman Lauser adalah taman Nasional tempat atau habitat orang utan dan gajah, didaerah terdapat wisata alam pegunungan yang sangat menakjubkan.

Pulau Nias
Pulau Nias sangat terkenal dengan budaya megalitikumnya dan terutama pantainya yang sangat indah, ombaknya sangat bagus tempat para surfer berselancar, ombak di pantai pulau Nias lebih bagus dari Pulau Bali, bahkan konon katanya hampir sama dengan ombak pantai Hawai.

Lokasi Wisata Di Sumatera Utara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

0 komentar: