13 Maret 2013

Pulau Nias

Pulau Nias
Pulau Nias adalah Bagian dari Sumatera Utara, terletak di Barat Pulau Sumatera, Pulau ini dan penduduknya salah satu yang paling unik di Indonesia, sangat banyak Wisatawan Mancanegara datang ke daerah ini untuk menikmati alama yang Indah dan tentu saja alami. Dan yang paling terkenal adalah Ombak Pantai yang sangat Indah, konon katanya lebih Indah dari Ombak Bali dan Ombak Hawai, Pulau dengan luas wilayah 5.625 km² ini berpenduduk 700.000 jiwa.



Agama mayoritas daerah ini adalah Kristen Protestan. Nias saat ini telah dimekarkan menjadi empat kabupaten dan 1 kota, yaitu Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara, dan Kota Gunungsitoli.

Pulau Nias dan Ombaknya

Pulau yang terletak di samudra hindia ini mempunyai luas 5.318 kilometer persegi. Sebagaimana layaknya kebanyakan pulau pulau di Indonesia, maka Pulau Nias menyimpan sejumlah misteri serta keunikan keindahan alam terutama pantai begitu menggoda. Berbekal keindahan alam karunia Sang Pencipta, maka potensi Pariwisata Bahari di Pulau Nias sangatlah besar dan layak untuk dikembangkan, tersebar di hampir semua tempat yang terkenal dengan sebutan 100 pulaunya. Ombaknya yang sangat bagus sangat cocok untuk olahraga surfing.

Bilamana anda menyukai Wisata budaya, maka budaya masyarakat Nias juga tidak kalah menarik dengan daerah lain. Pilihan utama tentunya pada Desa desa tradisional yang masih terpelihara di Pulau Nias dimana mereka masih menyimpan sejumlah peninggalan budaya nenek moyang.

Bilamana anda ingin berkunjung ke pulau ini, bisa dilakukan dengan transportasi laut maupun udara. Penerbangan yang melayani Medan Nias saat ini lumayan banyak dan ada beberapa maskapai. Penerbangan Medan Nias yakni dari bandara Polonia ke Bandara Binaka Gunung Sitoli memakan waktu 55 menit. Bilamana anda menyukai perjalanan laut, maka bisa ditempuh menggunakan KMP dari Sibolga ke Gunung Sitoli dan memakan waktu tempuh selama 8-10 jam.

Pulau Nias dan Lokasi Wisata

Pulau Nias mempunyai beberapa wisata andalan yang sangat layak dikunjungi diantaranya adalah Pantai Muara Indah, Pantai Carlita, pantai Laowomaru, Gua Laowomaru, pantai Bunda, Miga, Air Terjun Onowaembo, dan Arah Namohalu. Disamping itu ada juga Gomo dimana terdapat peninggalan barang barang dari jaman megalitikum, pantai Lagundri Sorake, Pantai Moale, Gunung Lolomatua, Hombo Batu dan Rumah adat di Bawomataluo, Pulau-Pulau Batu, dan Pulau Telo.

Dibagian Nias Utara anda bisa mengunjungi Pantai Walo, Air Terjun Luaha Ndroi, Pantai Turogaloko, Lahewa, Pantai Turodawola Kecamatan Afulu, Pantai Toretolo, dan Pulau Makora. Dibagian Nias Barat anda bisa mengunjungi Pulau Asu-Hinako dan Pantai Sirombu.

Disamping itu, masih banyak lagi keindahan alam pulau nias yang tidak disebutkan diatas. Mengingat banyaknya tempat wisata dan aneka ragam budaya di Pulau ini, selayaknya bila pulau ini dikembangkan pemerintah Indonesia untuk menambah pundi pundi dollar dari sektor wisata. Bisa anda bayangkan wilayah indonesia yang sangat luas ini dan banyak dikaruniai alam yang sangat memikat hati hanya dikunjungi oleh 7~8jt wisatawan saja, bandingkan dengan singapore yang notabene sebuah pulau kecil bisa dikunjungi lebih dari 10jt wisatawan manca setiap tahunnya.

Diolah dari wahw33d.blogspot.com dan Wiki Indo


Pulau Nias Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

0 komentar: