14 Februari 2013

Jumlah Orang Utan di Bukit Lawang Sumatera Utara

Jumlah Orang Utan di Bukit Lawang
Jumlah Orang Utan di Bukit Lawang Sumatera Utara, sudah masuk dalam tahap kritis dan sangat sangat mengkhawatirkan, Jumlah orangutan (Pongo pygmaenus abelii) di Sumatera Utara tinggal 200 ekor saja. Kinerja pengelola Taman Nasional Bukit Lawang sangat patut di pertanyakan. Kalau dilihat dari segi statistik, dalam beberapa tahun kedepan orang utan dari Taman Nasional Bukit lawang akan punah. Hal ini sudah di ambang kritis. Siapakah yang paling bertanggung jawab, bisa tidak di ajukan ke pengadilan Internasional para stake holder Taman Nasional Bukit Lawang? Dimana tanggung jawab pemerintah daerah? Apakah tanggung jawab ini akan di pingpong atau mencari kambing hitam?

Seperti di lansir dari sains kompas, tentang orang utan di bukit lawang.

"Pada tahun 2000-an populasi orangutan di wilayah Sumatera di atas 1.000, tetapi pada 2012 ini sudah di bawah 200 karena sebagian besar sudah punah akibat lingkungan mereka dirusak," kata pengacara lingkungan hidup YEL Aceh, Halim, di Meulaboh, Senin (7/5/2012).

Keberadaan orangutan terbesar di kawasan hutan gambut Rawa Tripa di Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh. Namun, selama ini kawasan itu disembunyikan keberadaannya karena ada pihak tertentu akan mencoba merusak habitat mereka.

"Selama ini informasi itu ditutupi karena akan ada pembukaan lahan baru di kawasan ini," katanya.

Halim mengatakan, selama ini isu yang digembar-gemborkan adalah keberadaan orangutan di Bukit Lawang, Langkat, Sumatera Utara, padahal kawasan itu hanya merupakan sebagian kecil populasi primata ini.

Ditambahkan, akibat alih fungsi lahan dari hutan gambut Rawa Tripa menjadi perkebunan sawit mulai dari Aceh Singkil hingga Kabupaten Nagan Raya, populasi Orangutan terus menyusut karena habitat mereka sudah dirusak orang tidak bertanggung jawab.

Jumlah Orang Utan di Bukit Lawang Sumatera Utara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

2 komentar:

remon silangit mengatakan...

Taman Nasional Bukit Lawang??
Baru dengar ada nama itu.

sumatera utara mengatakan...

ada di sumut bro, tempat konservasi orang utan sumatera