Jual Kemenyan Sumatera

Jual Kemenyan Sumatera
Jual Kemenyan Sumatera

Sunday, February 3, 2013

Aek Sibundong

Aek Sibundong
Aek Sibundong adalah salah satu sungai yang mengalir di Humbang hasuduntan, salah sat sungat terpanjang. Humbang adalah salah satu kabupaten di Sumatera Utara. Seorang penyanyi batak menciptakan lagu untuk sungai ini. Dan lagu Aek Sibundong selalu dinyanyikan oleh masyarakat Batak, penduduk Humbang Khususnya. Lagu Aek Sibundong sangat populer dan merdu. Jika anak perantauan yang berasal dari Humbang (Dolok Sanggul) merindu dengan kampung halamannya, maka Anak perantau tersebut akan menyanyikan Lagu Aek Sibundong. Lagu Aek sibundong bercerita tentang seorang pemudi yang di tinggal sang kekasih pergi merantau untuk mencari penhindupan yang lebih layak dan tentu saja belum bisa pulang dengan segera, sehingga si Kekasih (wanita) di minta bersabar dan pergi ke sungai Aek sibundong dan berendam disana untuk mengobati rasa rindu kepada si kekasih (Pria).

Kembali ke Aek Sibundong, sungai ini mengalir dari Aeknauli (hulu) mengalir terus sampai ke Dolok Sanggul hingga ke Sibolga, dan tentu saja akhirnya ke Laut.

Dahulu, Sungai sibundong adalah salah satu sumber penghidupan bagi masyarkat sekitar, Airnya yang cukuo deras dan dalam menyimpan ikan yang lumayan banyak dan airnya digunakan untuk pengairan sawah (irigasi). Sekarang hal itu tinggal kenangan, Air sungai Sibundong setiap tahun semakin mengecil dan surut, ikan-ikan sangat jarang terlihat dan para petanipun tidak pernah memancing atau ber jala ikan ke sungai tersebut.

Banyak yang mengatakan, hal ini disebabkan oleh penenbangan hutan yang sembarangan tanpa di imbangi dengan reboisasi hujan yang gundul. Sehingga Tanah menjadi gersang dan hutanpun pun semakin sedikit. Hal ini tentu saha berakibat kepada satwa liar atau flora dan fauna lainnya.

Sangat disayangkan bukan?

Berikut ini lirik lagu Aek Sibundong

AEK SIBUNDONG
O... aek sibundong, aek sibundong da nauli
parharsap mi massai uli, tudos hapas palembang i
madabu tu sampuran i
O... aek sibundong, aek sibundong da nauli
Na lao tudia na maho, tolong pasahat tonakkon
tu siboru pargaulan hi

Reff.
Ilu maraburan da sian simalolonghi
alai beha roham di au, dahasian.....

Molo masihol ho ito
Laho ma ho tu aek i, ima aek sibundong i
di dolok sanggul na uli, disi do au
Molo malungun ho ito
Laho maho tu aek i
I ma aek sibundong i disi do au

No comments: