Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mamfaat Asam Gelugur

Mamfaat Asam Gelugur
Mamfaat Asam Gelugur, Asam gelugur dalam bahasa latin adalah Garcinia atroviridis Griffith et Anders, tanaman ini sangat banyak di Sumatera Utara, terutama di daerah Deli Serdang dan kawasan Berastagi (Tanah Karo). Asama gelugur biasanya digunakan masyarakat Sumatera Utara untuk bumbu, baik untuk bumbu daging maupun untuk bumbu Ikan (Ikan arsik dalam bahasa Batak Toba). Tapi penggunaan Asam gelugur sangat terbatas, mungkin karena pengetahuaan masyarakat lokal yang kurang sehingga asam gelugur digunakan untuk masakan saja.

Asam Gelugur, biasanya di iris dengan tipis kemudian di jemur, setelah beberapa hari mengering dan di Jual kiloan ke tengkulak, Sebenarnya, mamfaat dari asama geluar sangat banyak tapi tidak di maksimalkan oleh masyarakat kita.


Khasiat atau Mamfaat Asam Gelugur

Selain untuk menambah sedap masakan, asam gelugur juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan manusia.

Asam ini berkhasiat untuk menurunkan berat badan, membari efek inhibitor terhadap perkembangan Plasmodium Berghei yang jadi penyebab malaria, membantu mengekang nafsu makan dan menggalakkan penguraian lemak dalam tubuh manusia, mengrangi kolesterol jahat dalam darah, mengatasi sakit cacingan, edema, masalah haid, obat rematik, obat hipertensi, sakit telinga dan radang gusi.

Obat Rematik
Air rebusan kulit buah asam gelugur dikatakan mampu digunakan untuk merawat rematik.
Ambil sejumput kulit buah asam gelugur segar, lalu rebus.
Minumlah selagi masih hangat.

Obat Sakit Telinga.
Di tradisi Melayu dulu, menggunakan rebusan air daun dan akar asam gelugur untuk menyembuhkan sakit telinga melalui tetesan ke dalam telinga.

Obat Radang Gusi.
Buah asam gelugur juga dikatakan mampu melegakan sakit radang gusi.
Caranya adalah dengan mengambil sekeping asam gelugur kemudian cuci dan remas-remaslahatau ditumbuk hingga hancur, sampai bisa dibuat gumpalan.
Tempelkan di celah-celah antara gusi dan bagian pipi selama 10 hingga 15 menit, kemudian kumur dengan air hangat suam.

Diolah dari obatsakit2011.blogspot.com

1 komentar untuk "Mamfaat Asam Gelugur"

Storez Software Review 29/05/14, 08.53 Hapus Komentar
Salam kenal,
Saya membutuhkan informasi tentang asam gelugur terkait dengan berapa harga per kg, berapa stok yang bapak punya dan bagaimana budidayanya. kami butuh banyak.

salam
Satrio