7 November 2012

Mamfaat Buah Mengkudu

Mamfaat buah mengkudu, mengkudu dalam bahasa latin disebut Morinda citrifolia, dalam bahasa Aceh disebut keumeudee, sedangkan masyarakat Jawa disebut pace atau kemudu atau kudu, masyarakat sunda menyebutnya cangkudu, di bali disebut tibah sedangkan masyarakat Madura menyebutnya kodhuk. Khasiat buah mengkudu sudah di mamfaatkan oleh masyarakat Indonesia dan mayarakat Hawai sebagai tanaman obat, bahkan masyarakat hawai menganggap tanaman mengkudu sebagai tanaman keramat karena mamfaatnya yang sangat banyak, masyarakat Hawai menyebut buah mengkudu dengan nama NONI.

Tanaman mengkudu tumbuh pada ketinggian 1500dpl. Pohon mengkudu bisa setinggi 8 meter dan berwarna hijau lebat. Rasa buah mengkudu sangat pahit dan sepat tidak enak di konsumsi secara langsung. Tetapi banyak dari masyarakat kita yang mengkonsumsi buah mengkudu secara langsung untuk pengobatan tetapi lebih banyak yang mengkonsumsi buah mengkudu setelah diolah menjadi bahan obat. Seperti masyarakat Aceh, mereka terbiasa memakan buah mengkudu mentah yang telah di jadikan sebagai rujak dan daunnya dibuat jadi sayur.


Buah mengkudu banyak di jumpai di Asia Tenggara, dan telah digunakan sejak ratusan tahun lalu untuk bahan obat, karena mengkudu mengandung :
  • Zat nutrisi: secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.
  • Terpenoid. Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.
  • Zat anti bakteri.Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.
  • Scolopetin. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.
  • Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.
Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif. (Sumber Wiki Indo).

Pohon mengkudu banyak di tanam masyarakat Indonesia di pekarangan rumah maupun di sawah atau ladang, tetapi belum di kelola secara baik, masyarakat Indonesia mengenal buah mengkudu sebagai obat tradional atau obat herbal alami.

Seiring perkembangan jaman, Mamfaat buah mengkudu sudah di kenal masyarakat untuk obat herbal alami, karena zat yang terkandung pada buah mengkudu yang sangat bermamfaat bagi tubuh baik untuk mencegah penyakit dan untuk menjaga kesehatan tubuh dari penyakit.

Buah mengkudu sudah di olah dan diproduksi oleh perusahaan tertentu menjadi obat atau suplemen makanan untuk kesehatan dan sangat cocok untuk kesehatan tubuh. Buah mengkudu juga di kenal sebagai obat kanker dan obat lambung.

Kita bangsa Indonesia sangat beruntung memiliki tanah yang subur, Menanam pohon mengkudu amatlah sangat mudah, tidak perlu perawatan khusus, anda cukup menanamnya di pekarangan rumah dan tidak lama, pohon mengkudu akan menghasilkan buah yang banyak dan daun yang lebat.

Demikian artikel Mamfat atau khasiat buaha mengkudu ini saya sampaikan semoga bermamfat dan menambah pengetahuan bagi kita semua.

Mamfaat Buah Mengkudu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

0 komentar: