4 November 2012

Mamfaat Buah Bengkuang

Mamfaat buah Benkuang, Bengkoang atau bengkuang dalam bahasa latin disebut Pachyrhizus erosus, Bengkoang berasal dari Amerika tengah, bengkoang temasuk dalam suku polong-polongan. Bengkoang mirip dengan ubi yang biasa kita makan, Bengkoang termasuk jenis buah-buahan, walaupun tanaman ini termasuk umbi-umbian. Bengkuang di sebarkan ke Indonesia sekitar tahun 1700an melalui Philipina ke Ambon dan menyebar ke seluruh Indonesia. Tanaman Bengkuang tumbuh pada dataran rendah.

Buah Bengkuang mengandung mamfaat yang sangat banyak bagi tubuh manusia, seperti Vitamin C, Mineral, Kalsium, Fosfor. Zat besi, kalsium serta mengadung zat yang bisa memperindah kulit tubuh atau bengkung bisa memutihkan kulit tubuh.


Buah Bengkoang termasuk makanan Favorit di Indonesia, bengkuang biasa di makan sebagaia rujak, dan di campur dengan buah lainnya seperti buah mangga, buah jambu, nanas, timun, ubi merah, buah pepaya, semangka, buah melon. Biasanya rujak tanpa buah bengkuang tidak afdol. Buah bengkuang sangat mudah di dapatkan di Negeri kita ini, di setiap pasar pasti ada yang menjualnya. Buah bengkuang mudah tumbuh dan perawatannya pun sangat mudah.

Mamfaat Buah bengkuang secara tradional adalah :
  • Mengobati Wasir
  • Mengobati Demam
  • Buah yang cocok bagi penderita diabetes melitus
  • Mengobati sariawan karena mengandung vitamin C
  • Fitoestrogen Alami
  • Menurunkan kadar kolesterol darah
  • Mengurangi atau menekan produksi asam lambung
  • Menjaga sistem ketebalan tubuh
  • Dapat mengobati penyakit beri-beri.
Mamfaat bangkuang sudah di kenal sejak ribuan tahun yang lalu dan sudah did mamfaatkan oleh manusia untuk kebetuhan sehari-hari, baik sebagai suplemen (buah-buahan) baik untuk bahan kecantikan, buah bengkuang sangat terkenal dan sudah di olah untuk bahan kosmetik, digunakan untuk kesehatan kulit atau untuk melembutkan kulit serta memutihkan kulit. Buah bengkuang sudah diolah sejak ribuan tahun yang lalu untuk mempercantik kulit.

Bengkuang untuk memutihkan kulit
Berikut ini adalah tips penggunaan bengkuang untuk memutihkan kulit.
Buah bengkoang yang masih segar, diparut hingga halus, gunakan secukupnya, kemudian olehkan/tempelkan pada wajah anda, tunggu sampai 20 menit - 1 jam, hingga bengkuang mengering di wajah anda, setelah mengering, bersihkan dengan air, wajah anda akan tampak lebih cerah dan sebelum, untuk perawatan kulit wajah, gunakan masker bengkuang 2 kali dalam sebulan.

Demikian artikel mamfaat Buah bengkuang ini saya sampaikan semoga bermamfaat.

Mamfaat Buah Bengkuang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

0 komentar: