5 November 2012

Harga Andaliman Bulan Oktober

Andaliman, sambal khas orang batak, tanaman ini tumbuh di kawasan Sumatera Utara, tepatnya di Tapanuli Utara dan Humbang Hasundutan, Harga Andaliman pada bulan oktober Rp 50.000;- Harga andaliman naik pada pengecer karena di kawasan Sumatera utara lagi musim hujan, sehingga para petani tidak bisa memanen ke ladang, kalau di lihat dari susahnya memamen andaliman harga ini masih termasuk sangat murah. 1 Kg Andaliman sebenarnya sangat banyak karena andaliman sangat ringan. Bisa di bayangkan 1 KG andaliman di hargai hanya 50.000.- pada pengencer, berarti di petani pasti dengan harga jauh lebih murah.


Harga andaliman di tingkat pengecer di Pasar Dwikora Pematangsiantar naik Rp10 ribu per kg (dari Rp40 ribu menjadi Rp50 ribu per kg). Penyebabnya, karena musim penghujan hingga petani tidak bisa memanen.

Menurut salah seorang pedagang andaliman, Horas (42) menyebutkan, kenaikan harga andaliman ini sudah berlangsung sejak seminggu terakhir. “Sejak seminggu ini harga andaliman naik, yang biasanya dijual Rp40 ribu per kg, sekarang menjadi Rp50 ribu per kg. Penyebabnya, karena pasokannya yang cukup terbatas dibandingkan beberapa waktu lalu,” sebutnya.

Dia menerangkan, memang sudah biasa jika musim penghujan harga andaliman bakalan naik. Sebab, petani tidak bisa sembarangan memanen andaliman, karena getahnya yang tidak bagus. Sebab getahnya dapat merusak buah andaliman yang lain.

“Selain itu kalau hujan, biasanya petani memilih enggan memanen. Hal itu berdampak pada pasokannya yang tidak banyak dibandingkan hari biasa,” jelasnya.

Sambungnya, andaliman yang dijual di pasaran bervariasi. Kalau andaliman dari Raya warnanya hijau, sedangkan dari Toba warnanya merah dan hitam. Tapi kalau untuk pelanggan, tidak harus memilih warna hijau atau merah dan hitam.

Sementara pedagang cabai R br Sitanggang menyebutkan, harga cabai merah masih tetap stabil. “Untuk cabai merah saat ini ditawarkan Rp15 ribu per kg, cabai hijau Rp12 ribu per kg dan cabai rawit Rp24 ribu per kg,” sebut warga jalan Sisingamangaraja ini.

Menurutnya, untuk harga bawang putih Rp15 ribu per kg, bawang merah Rp12 ribu per kg dan tomat Rp10 ribu per kg. Sementara untuk tingkat pembelian, sampai saat ini masih stabil.

Harga Andaliman Bulan Oktober Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

0 komentar: