21 Oktober 2012

Serai Wangi Tanaman Pengusir Nyamuk

Serai Wangi atau dalam bahasa Inggris di sebut Citronella grass dan dalam bahasa latin di sebut Cymbopogon nardu, Serai wangi biasanya digunakan sebagai campuran bumbu untuk masakan dan campuran jamu.

Serai Wangi selain untuk bumbu dapur bisa juga digunakan untuk mengusir nyamuk, karena serai wangi mengandung zat-zat seperti metilheptenon, geraniol, sam-asam organik, terpen-terpen, terpen-alkohol, terutama adalah sitronelal. Zat sitronelal ini memiliki sifat racun untuk serangga.

Serai Wangi sebagai tanaman pengusir nyamuk
Di Indonesia Serai wangi lebih banyak digunakan sebagai bumbu dapur dari pengusir nyamuk. Tumbuhan Serai wangi biasanya di tanam masyarakat di pojok rumah atau di belakang rumah, di ambil jika diperlukan saja.


Tumbuhan Serai wangi berkembang dengan tunas, dan perkembangannya cukup cepat, tumbuh hampir di seluruh Indonesia, hampir semua Wanita Indonesia mengenal serai wangi, walapun belum tentu tahu cara penggunaannya atau takaran untuk bumbu dapur.

Sejak zaman dahulu Serai wangi sudah di budidayakan untuk diambil minyaknya atau bahan bumbu dapur. Tetapi untuk mengusir nyamuk orang-orang lebih banyak menggunakan Geranium atau Zodia.

Serai Wangi banyak di jumpai di Indonesia dan masyarakat Indonesia banyak yang menanam di pot, karena tanaman serai wangi mudah tumbuh dan perawatannya juga tidak susah.

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Commelinidae
Ordo: Poales
Famili: Poaceae (suku rumput-rumputan)
Genus: Cymbopogon
Spesies: Cymbopogon nardus L. Rendle

Tanaman Serai Wangi belum di mamfaatkan secara maksimal dan tanaman ini peminatnya banyak.
Seperti yang telah terlihat pada gambar, tumbuhan serai wangi tumbuh berumpun dan daunnya ber jumba-jumbai, panjang daunnya bisa mencapai 30cm  samapai denga 150cm. Namanya juga Serai Wangi, baunya pasti wangi...:)

Cara penggunaan untuk mengusir nyamuk
Serai wangi di haluskan atau diparut kemudian airnya di peras, air serai wangi di biarkan semalam, kemudian airnya di campuar air sedikit dan masukkan ke wadah semprot. Dan semprotkan ke tempat-tempat nyamuk bersarang.

Serai Wangi Tanaman Pengusir Nyamuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

0 komentar: