21 Oktober 2012

Markisa Medan

Markisa Medan, kenikmatan sejati buah segar, Markisa ada 2 jenis Markisa warna ungu dan markisa warna kuning. Markisa yang biasa di buat jadi sirup adalah markisa warna Ungu.

Markisa ungu dan markisa kuning banyak terdapat di Sumatera Utara, penyebarannya hampir sama dengan terung belanda dan andaliman serta kantong semar terutama di daerah kabupaten humbang hasundutan (dolok sanggul) dan Sidikalang.

Di Dolok sanggul (kabupaten Hasundutan), markisa ungu bagai tumbuhan liar tumbuh dimana-mana, di hutan, di ladang, di semak-semak, dan berkembang dengan subur. Penduduk lokal menggunakan batang Markisa Ungu sebagai tali, daun mudanya untuk sayur (rasanya pahit sekali) dan buah untuk makanan. Jadi, semua yang ada pada tumbuhan markisa di bisa digunakan/terpakai. Tetapi masyarkat Humbang (dolok sanggul) dan SIdikalang hampir tidak pernah menggunakan/membuat buah markisa jadi jus atau sirup. Hal ini mungkin karena di Dolok sanggul dan Sidikalang Suhunya yang amat dingin, seperti di puncak bogor (puncak jawa barat).


Markisa berasal dari Amerika selatan, dan di Indonesia banyak terdapat di Sumatera Utara dan Sulawesi selatan, entah mengapa, tumbuhan ini seperti menjadi tanaman liar di sumatera, kemungkinan besar di bawa oleh belanda dan di budidayakan, kemudian binatang menyerbarkan biji markisa sampai ke hutan-hutan.

Markisa sangat banyak mengandung Vitamin C seperti buah strawberry juga, dan jika digunakan sebagi es markisa, rasanya segar sekali.

Resep Es markisa
Bahan resep es markisa :
  • 4 buah markisa segar berkualitas
  • 400 gram sirup markisa
  • 600 gram es serut
Bahan saus santan es markisa :
  • 1000 mililiter santan
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh garam
Cara membuat es markisa :

Pertama keruk isi buah markisa menggunakan sendok
Kemudian buat saus santannya yaitu dengan cara merebus santan bersama dengan daun pandan dan garam
Terus aduk hingga santan menjadi mendidih, angkat dan sisihkan
Setelah saus santan dingin maka kita mulai menata tampilan es dengan urutan yang cantik
Tata isi buah markisa di dalam gelas agar tampil menarik
Tuangkan sirup markisa kedalam gelas
Masukkan es serut dan terakhir tuangkan saus santan di atasnya.

Selamat Menikmati.

Markisa Medan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol

0 komentar: