1 November 2012

Andaliman Bumbu Sop

Andaliman Bumbu Sop

Andaliman cocok juga digunakan sebagai bumbu sop, Andaliman di gunakan untuk sop iga kambing, sebenarnya tidak harus pada iga kambing saja, bisa juga di gunakan untuk bumbu sop lain, seperti sop iga sapi, atau bumbu daging lainnya. Yang di perlu di perhatikan adalah jumlah pemakaian bumbu andaliman, andaliman memiliki rasa yang sangat khas dan dominan, sehinggga, kelebihan atau kebanyakan menggunakan bumbu andaliman untuk daging atau masakan lainnya akan membuat masakan tersebut terasa hambar sekali, berikut ini adalah resep untuk membuat sop iga kambing dengan bumbu andaliman.


Bahan:

1 kg iga kambing impor berdaging, cuci bersih, biarkan utuh
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
3 sdm minyak goreng
Sambal andaliman:
3 sdm minyak goreng, untuk menumis
12 buah cabai rawit merah
5 butir bawang merah
1 siung bawang putih
2 cm jahe
1 buah (50 g) tomat merah
2 sdm andaliman 1)
1 sdt garam
¼ sdt gula pasir

Cara Membuat:

Sambal andaliman: Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang, masukkan semua bahan kecuali andaliman, garam, dan gula pasir. Tumis hingga matang (±10 menit), angkat. Tumbuk halus bersama andaliman, garam, dan gula pasir, sisihkan.
Di dalam wadah, lumuri iga kambing dengan air jeruk nipis dan garam hingga rata. Tutup dengan plastik lengket. Diamkan hingga air jeruk nipis dan garam meresap (± 20 menit), sisihkan.
Keluarkan iga kambing dari lemari es. Letakkan di dalam pinggan persegi tahan panas, ratakan.
Panggang di dalam oven panas bersuhu 200° C hingga matang dan empuk (±60 menit), angkat.
Sajikan iga panas bersama sambal. (f)

1) Andaliman: Sejenis merica yang khas digunakan dalam masakan Sumatra Utara, menimbulkan rasa tajam dan kebas di lidah.

Selamat Mencoba dan menikmati!

Andaliman Bumbu Sop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudi Lumban Gaol